Senin, 14 April 2014

KAMERA KAYU ( LARGE FORMAT )







Kamera large fotmat dengan tripod semuanya terbuat dari bahan kayu dengan ukuran lebar 21cm, tinggi 23cm dan panjang bisa menyampai 37cm. Tripod dapat dinaikkan hingga mencapai 1,5m. Pada bagian depan bawah terdapat plat bertulisan huruf kanji, dari kanan ke kiri: Yue Sheng Zheng Run Ji (5 huruf), Yue Sheng berarti Provinsi Kanton, Zheng nama marga, Run nama orang (plat warna kuning emas ini merupakan plang merek toko) dan Ji artinya toko mas. Maksud plat yang tertempel di body kamera tersebut dibuat sebagai tanda orang yang memesan/membeli kamera.

Lensa yang digunakan bermerk carl Zeiss Jena nr. 1591733 Tessar 1:4.5 f:21cm. Lensa dengan focal lens f:21cm (ditandai dengan simbol huruf : f ) memiliki rentang sudut pandang ( angle of coverage ) 55/60 derajat. Lensa 21cm jika dipasangkan pada kamera Large Format tergolong lensa normal. 

Kamera menggunakan film berupa plate berbahan kaca dengan ukuran 8 x12 cm. Bag kamera ( plate houder ) dapat diputar untuk pemotretan dengan format vertikal dan horizontal

Jika dilihat dari bahan kamera, film plate dan nomor seri lensa yang digunakan, kamera ini diproduksi sebelum perang dunia ke II, sekitar tahun 1930an. Saat ini kamera tersebut masih dapat dioperasikan dengan baik.

Jika saudara berkenan mengetahui kondisi kamera large format ini lebih jauh, silahkan hubungi saya melalui telpon: 0815 4862 4348.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar